Iritasi Pada Kulit

Kulit merupakan lapisan pelindung tubuh terhadap pengaruh luar, baik  pengaruh fisik maupun pengaruh kimia. Dalam keadaan tertentu kulit dapatditembus oleh senyawa obat yang dapat menimbulkan efek terapetik baik yang bersifat lokal maupun sistemik. Topikal atau pemberian obat secara lokal adalah pengobatan obat yang diaplikasikan dengan cara dioleskan atau cara lain secara langsung pada kulit, mata, hidung atau bagian tubuh eksternal lainnya. Tujuan pemberian obat secara topical secara umum adalah untuk memperoleh reaksi local dari obat tersebut. Contoh obat topikal adalah serbuk antibiotik atau salep yang digunakan untuk mencegah infeksi pada luka serta sediaan cair yang digunakan pada mata (Aiache, 1993).

Obat transdermal merupakan obat melalui kulit dan bersifat sistemik. Stratum korneum merupakan penghalang utama pada sistem ini. Pada rute transdermal ini molekul harus bisa melewati stratum korneum yang merupakan pembatas yang menentukan laju penahan keluar masuknya zat-zat kimia. Salah satu sediaan yang digunakan melalui rute transdermal yaitu gel. Kandungan air yang tinggi dalam basis gel dapat menyebabkan terjadinya hidrasi pada stratum korneum sehingga akan memudahkan penetrasi obat melalui kulit.

Penggunaan obat dengan menggunakan rute transdermal memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Keuntungan yang diperoleh yaitu :

  1. Mencegah metabolism presistemik di hati dan saliran cerna
  2. Mengurangi variabilitas antar pasien
  3. Kadar obat dapat dikontrol pada sirkulasi sistemik untuk obat yang kerjanya diperpanjang karena dapat mengurangi frekuensi pemberian obat
  4. Meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pemakaian obat
  5. Pelepasan obat dapat mudah diakhiri dengan cara melepaskan patch

Kerugian menggunakan obat transdermal, yaitu :

  1. Terbatas untuk obat-obat poten lebih kecil atau sama dengan 10 mg
  2. Mempunyai kelarutan yang baik dalam air dan minyak
  3. Kadang-kadang mengiritasi kulit

(Sudrajat, 2010)

Rute topical dan rute transdermal sama-sam diberikan melalui kulit, hanya saja topical bersifat lokal dan transdemal bersifat sistemik. Local artinya hanya bereaksi pada bagian tubuh tertentu saja yang diolesi obat, sedangkan sistemik artinya berpengaruh pada seluruh bagian tubuh secara keseluruhan. Bahan – bahan yang digunakan pada praktikum ini adalah kelly pearl cream, super stud 007, dempo, tieh ta yao gin, counter pain, dan salep 88. Hewan percobaan yang digunakan adalah kelinci yang dicukur rambutnya dengan ukuran 2cm x 4cm sampai kelimis.

Tabel Pengamatan Efek Obat

No

Nama Bahan ( obat )

Efek yang ditimbulkan

Luas (cm2)

1

Kelly pearl cream Tidak ada iritasi

2

Super stud 007 Tidak ada iritasi

3

Dempo Tidak ada iritasi

4

Tieh ta yao gin Tidak ada iritasi

5

Counterpain Tidak ada iritasi

6

Salep 88 Iritasi (merah – merah)

8cm2

Kelly pearl cream adalah krim pencerah wajah yang bisa digunakan sebagai pelembab maupun alas bedak. Kelly Pearl Cream mengandung bahan-bahan khusus seperti vitamin E, Squalane oil dan Benzophenone-3 yang mampu menjaga kelembaban alami kulit wajah, juga mengandung tabir surya yang melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari. Efek samping produk ini adalah bila pemakaian dihentikan maka kulit akan lebih cepat kusam dan berjerawat serta lebih mudah terkena iritasi. Dari percobaan yang dilakukan tidak menimbulkan iritasi pada kelinci yang dicobakan. Hal ini menunjukkan bahwa Kelly pearl cream aman bagi kulit.

Super stud 007 adalah obat kuat perkasa untuk kaum pria yang berbentuk cream, tidak berwarna dan tidak beracun mengandung pelicin dapat larut dengan air dan mudah dicuci. Super stud 007 juga dapat mengatasi masalah kegatalan pada penis karena cream bersifat antibakteria. Dari hasil percobaan tidak ditemukan iritasi pada kulit kelinci, sehingga obat ini dapat dikatakan aman bagi kulit.

Dempo adalah krim pembersih wajah yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, sebagai alas bedak dan sebagai masker. Dempo terbuat dari rumput laut yang dikenal dengan laminaria dan sari bengkoang, serta tidak mengandung alcohol dan merkuri. Dari hasil percobaan tidak terjadi iritasi pada kulit kelinci, sehingga produk ini aman untuk digunakan.

Tieh ta yao gin adalah salah satu obat cina yang digunakan untuk untuk mengobati dan mempercepat proses penyembuhan akibat luka memar sehabis bertarung dan juga untuk menyembuhkan luka bakar. Obat ini juga tidak menimbulkan iritasi pada kelinci yang diujikan.

Counterpain merupakan obat berbentuk cream yang digunakan untuk menghilangkan nyeri otot dan sendi. Obat ini mengandung metil salisilat 102 mg, mentol 54,4 mg, eugenol 13,6 mg, menthol 4%. Dari hasil percobaan, tidak menunjukkan adanya iritasi pada kelinci yang dicobakan.

Salep 88 adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti panu, kadas, kudis, dan kutir air. Dari hasil percobaan yang dilakukan, obat ini menimbulkan iritasi kemerah-merahan pada kulit kelinci percobaan engan luas daerah yang teriritasi adalah 8 cm2. Timbulnya iritasi ini disebut juga dengan eritema.

Eritema adalah peristiwa memerahnya kulit secara tidak normal. Kemerahan pada kulit ini akibat melebarnya pembuluh darah. Warna merah akan hilang pada penekanan. Ukuran eritema dapat bermacam-macam. Jika besarnya lentikuler maka disebut eritema morbiliformis, dan bila besarnya numular disebut eritema skarlatiniformis (Mansjoer, 2000)

Berdasarkan hasil percobaan di atas, diketahui bahwa dari 6 bahan yang diujikan pada kelinci percobaan, hanya terdapat satu bahan yang menimbulkan iritasi pada kulit yaitu salep 88. Bahan yang diujikan kelompok 3 adalah krim dempo. Bila dibandingkan dengan kontrol yang dibuat tanpa perlakuan apapun, daerah yang diolesi krim dempo tidak terlihat terjadi iritasi dan masih sama dengan kontrolnya. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan krim dempo ini masih aman untuk kulit kita.

 DAFTAR PUSTAKA

Aiache. 1993. Biofarmasetika. Airlangga Press. Jakarta.
Mansjoer, A. 2000. Kapita Selekta Kedokteran. EGC. Jakarta.
Sudrajat, S. E. 2010. Bentuk Sediaan Obat Baru (Nano Medicine). Fakultas Kedokteran Ukrida. Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s